Harga Jasa Porter dan Guide Gunung Sindoro Via Kledung.

 Porter dan Guide Gunung Sindoro.


 Sindoro salah satu gunung berapi aktif yang berada di Jawa Tengah, Sindoro memiliki puncak tertinggi dengan ketinggian 3153 MDPL, menjadi destinasi wisata pendakian tentunya menjadikan Gunung Sindoro sebagai tempat penyedia jasa yang memudahkan untuk mendakinya.

Jasa Porter dan Guide Gunung Sindoro via Basecamp Kledung.

Guide dan porter adalah dua jenis yang sangat di butuhkan dalam pendakian karena keduanya mempunyai peran masing-masing untuk membantu pendaki Gunung Sindoro yang menggunakan jasanya.

Kami menyediakan jasa keduanya guide Gunung Sindoro dan Porter Gunung Sindoro. 

FAQ

Apakah Guide Gunung Sindoro?

Guide Gunung Sindoro adalah orang yang membantu pendaki Gunung Sindoro dari semenjak pra pendakian, saat di pendakian sampai selesai pendakian.

Peran Guide Gunung Sindoro pra pendakian.

Pra pendakian ada beberapa hal yang bersifat informasi dan juga teknis.

Hal yang bersifat informasi meliputi

  • Akses transportasi menuju basecamp.

Informasi tersebut bisa memilih jalur yang tepat dengan berbagai mode transportasi meliputi bandara atau stasiun terdekat atau pintu tol terdekat

  • Akses penyediaan logistik dan peralatan

Seorang Guide Gunung Sindoro juga bisa memberikan informasi tentang logistik (makanan) yang di butuhkan saat pendakian juga tempat bisa mendapatkanya dengan radius yang dekat dengan bacecamp Kledung. Selain logistik juga bisa menginformasikan peralatan yang di butuhkan juga tempat rentalnya jika pendaki tidak membawanya.

  • Registrasi.

Pra pendakian salah satunya adalah mengurus registrasi, Guide Gunung Sindoro juga bisa memudahkan pendaki sebelum pendakian dengan mengurus ijin pendakian. Juga memberi Informasi biaya registrasi tersebut.

  • Waktu.

Selain alat logistik dll dalam pendakian Gunung Sindoro tentunya membutuhkan waktu dalam hal ini Guide juga bisa membantu membuatkan rencana perjalanannya agar bisa efektif efisien

  • Keterangan tata terbib.

Setiap Basecamp pendakian termasuk di antaranya Basecamp Kledung tentunya punya peraturan dan larangan terkait kegiatan pendakian berupa standar savety dan yang berkaitan dengan kearifan lokal setempat.

  • Kearifan lokal.

Setiap daerah atau bahkan kampung tentunya mempunyai adat istiadat yang menjadi kekhasan masing-masing daerah tersebut, dengan informasi yang di berikan oleh guide Gunung Sindoro tentunya pendaki menjadi tahu sehingga upaya untuk saling menghormati bisa rercapai

Fungsi Guide saat pendakian

Mendampingi saat melakukan perjalanan naik.

Dari mulai pendakian saat di basecamp seorang guide sudah membersamai pendaki, setiap saat pendaki ada keperluan yang membutuhkan bantuan guide Gunung Sindoro, guide selalu siap membantu.

Menjadi Fotografer.

Tak terelakan lagi bahwa kebutuhan pengambilan gambar sekedar untuk menjadi dukumentasi attau untuk upload di sosmed, di era sekarang sangat di perlukan. Seperti candaan sebagian orang yang berkata "tak akan percaya sebelum lihat gambarnya"

Tenaga Cadangan.

Porsi ideal pendampingan guide Gunung Sindoro juga perlu menjadi pertimbangan, karena selain mendampingi seorang guide tentunya juga siap membantu jika ada pendaki yang kelelahan seperti membawakan barangnya atau menuntunya saat di perjalanan.



Porter Gunung Sindoro via Kledung

Apa itu Porter Gunung Sindoro?

Fungsi Porter Gunung Sindoro adalah membawakan barang barang milik pendaki membantu hal hal yang bersifat pengerjaan di gunung seperti mendirikan tenda memasak dll meski demikian seorang Porter juga bisa membantu hal lain yang di butuhkan.

Berapa beban maksimal 1 orang porter?

Mencakup semua kebutuhan pendakian ada yang bersifat setandar dasar yang harus di penuhi dan bersifat kebutuhan tambahan tambahan yang bersifat opsional. Yang sangat di perlukan saat pendakian iyalah satandart dasar savety berupa peralatan seperti tenda matras Sleping bag dan alat masak dan minum. adapun yang bersifat opsional itu seperti kursi portabel tenda toilet alat dokumentasi tambahan. Dari cakupan semuanya beban yang bisa di bawa oleh 1 orang porter adalah 20 kg. Yang bobot tersebut tidak termasuk perlengkapan milik porter.

Berapa pembagian job desk Porter Gunung Sindoro?

Porter memiliki 3 perbedaan berdasarkan fungsi jasanya, dan dapat di gunakan sebagianya atau semuanya.

       1.Porter Drop 

adalah seseorang yang bekerja membawa barang sampai tempat camp. Membantu mendirikan tenda. Dan setelah serah terima barang lalu turun kembali.

     2.Porter Inap 

Adalah seorang Porter yang tidak hanya membawakan barang naik saja akan tetapi ikut menginap di sunrise camp membantu masak dan keperluan lainnya. Porter Inap juga memacking barang di hari (selesai di gunaka) ke dua setelahnya membawa turun kembali. Selain itu juga ada istilah Porter Satpam untuk Porter Inap ini karena juga menjaga barang pendaki saat di tinggal aktifitas di luar camp area seperti summit. 

      3.Porter Summit.

Ada yang menyebut nya Porter Full. Karena mencakup tugas porter drop dan Porter Inap dan masih di tambah menemani summit dengan membawakan barang yang di butuhkan saat pendakian saummit dan juga saat berada di puncak Gunung Sindoro.

Apa perbedaan porter dan guide Gunung Sindoro?

Antara porter dan guide merupakan dua jenis jasa yang berbeda berdasarkan tugas pokok dan fungsinya, meski demikian seorang porter maupun guide biasanya berkolaborasi untuk memaksimalkan pelayanan. Beberapa hal yang membedakan antara porter dan guide antara lain :

Tugas.

Seorang guide Gunung Sindoro memiliki tugas yang lebih banyak dari pada seorang porter karena guide biasanya sudah mulai bekerja jauh sebelum pendakian, berupa pra pendakian, sementara seorang porter bekerja saat hari pendakian, packing barang setelah itu membawanya.

Skill.

Kemampuan atau skill seorang guide biasanya lebih dari seorang porter, seperti management perjalanan, fotografi, komunikasi dan lain-lain, meski demikian porter Gunung Sindoro juga mempunyai skill tersebut walapupun dengan tingkat penguasaan yang berbeda dari seorang guide.

Barang bawaan.

Beban bawaan seorang porter dengan batas maksimalnya adalah 20Kg. Sementara seorang guide hanya 10Kg. perbedaan beban bawaan tersebut di maksudkan untuk memaksimalkan tugas masing-masing, karena seorang guide masih sangat mungkin bertambah barang bawaanya jika ada pendaki yang di dampingi meminta bantuanya untuk di bawakan barangnya.

Rasio Pelayanan.

Maksimalnya pelayanan menjadi prioritas kerja guide dan porter di Gunung Sindoro, hal tersebut bisa tercapai dengan cara menyesuaikan jumlah pendaki dengan jumlah guide dan Porter. Ketika pendaki menghendaki membawa barang sedikit saja seperti baju ganti dan air untuk keperluan di jalan, maka 1 orang porter idealnya untuk 3 orang pendaki saja, sementara seorang guide bisa untuk 5 orang pendaki.

Harga penggunaan Jasa porter dan guide.

Guide memiliki harga yang relatif lebih tinggi dari pada seorang porter. Tentunya berbanding lurus dengan tingkat kesulitan tugasnya.


Apa kesamaan porter dan guide?.

Ada beberapa kesamaan dalam istilah Porter dan Guide Gunung Sindoro di antaranya.

Pelaku Jasa.

Jasa dalam hal ini adalah pendampingan ke Gunung Sindoro.

Bersertifikat.

Baik guide maupun Porter keduanya pernah mengikuti sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain secara personal vendor kami juga memiliki sertifikat ijin usaha atas nama PT.Mlampah Mlimpah Tour.

Memiliki peralatan.

Baik Porter maupun guide keduanya memiliki peralatan pribadi seperti tenda dan perlengkapan menginap lainya.termasuk tas untuk membawa barang bagi seorang porter. Jadi pendaki dan porter maupun guide sama sama nyaman. 

Memiliki Skill Attitude dan Knowledge.

Tiga pilar yang harus di kuasai oleh porter dan guide kami. Dengan Attitude yang baik seperti ramah sopan dan komunikatif di padu padankan dengan pengetahuan dan kemampuan lainya tentunya akan menambah kesan baik dalam kendakian dengan kesuksesanya.

Berapa harga jasa guide dan porter Gunung Sindoro?.

Harga sewa jasa guide mengikuti jenis pendakian, berdasarkan durasi waktu pendakianya.

Guide Tektok (One Day Hike) Rp.900.000,-
Guide Menginap (2H1M) Rp.1.050.000,-
Guide Long Trip (3H2M) Rp.1.350.000,-

Dan untuk harga jasa porter Gunung Sindoro adalah

Porter Drop Rp.450.000,-
Porter Inap Rp.800.000,-
Porter Summit Rp.950.000,-

Demikian untuk harga sewa guide dan porter Gunung Sindoro Anda bisa menggunakan salah satunya atau bisa untuk keduanya.

Info dan pemesanan



Selain di Gunung Sindoro kami juga melayani jasa dan paket di Gunung Prau, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu.

Melalui website partner kami.

www.portergunungsumbing.com

www.portergunungprau.com

www.mlampahmerbabu.com

0 Komentar