20 Perlengkapan Naik Gunung - Rental Alat Gunung Sindoro.

 Peralatan Naik Gunung.

Harga Rental Alat Gunung TENDA 	Rp.70.000, MATRAS Rp.15.000, SLEPPING BAG Rp.20.000, FLYSHEET Rp.20.000,, KOMPOR	Rp.15.000, NESTING	Rp.20.000.

Mendaki Gunung Sindoro merupakan aktifitas yang membutuhkan sarana dasar yang cukup kompleks, mulai dari perlengkapan pribadi juga ada Perlenglengkapan tim atau satu peralatan yang bisa di pakai secara bersamaan sesuai kapasitasnya. Perihal peralatan pendaki harus menjadi perhatiannya utama dengan pertimbangan paling mendasar yaitu Kelayakan dan kebutuhan. Peralatan juga menjadi salah satu instrumen dasar untuk keselamatan dan kesuksesan pendakian.

Peralatan Pribadi dan Tim.

Peralatan atau sering di sebut juga perlengkapan dengan dua kategorinya yaitu Pribadi dan Tim.

Perlengkapan pribadi.

1.Jaket.

Suhu di Gunung Sindoro di malam hingga pagi hari di kisaran 8-13 °C di musim- musim tertentu suhu bisa menjadi lebih dingin. Dengan suhu tersebut tentunya membutuhkan pakaian hangat berupa jaket dengan berbagai jenis bahan untuk menstabilkan suhu badan, seperti yang berbahan campuran Bulu Angsa.

2.Celana.

Pendakian adalah kegiatan yang sarat dengan gerak tubuh. Jadinya penggunaan celana yang lentur dengan bahan yang lembut sangat membantu. Selain enak buat bergerak juga aman untuk kulit. Juga di rekomedasikan bahan yang cepat kering jika terkena keringat atau  bahkjan hujan.

3.Pakaian Ganti.

Kaos atau baju dan pakaian lainya ketika di gunakan untuk aktifitas mendaki tentunya akan basah lebih seringnya karena keringat atau bisa juga air hujan. Setelah penggunaanya setelah sampai tempat camp atau mau istirahat sebaiknya di ganti selain nyaman tentunya juga untuk antisipasi mencegah terjadinya penyakit yang timbul seperti masuk angin atau bahkan hipotermia.

4.Sepatu Gunung.

Kondisi track di Gunung Sindoro sangat bervariasi mulai dari track tanah, pasir, bebatuan juga akar pohon. Sebaiknya gunakan sepatu yang dengan tapak yang bisa untuk semua medan. Ukuran sepatu juga di perhatikan selain itu juga tingkat kekencangan tali, karena untuk naik turun tentunya menggunakan tingkat kekencangan tali yang berbeda.

5.Sarung Tangan.

Fungsi dari sarung tangan selain untuk kehangatan juga untuk melindungi tangan agar tidak tergores saat di track.

6.Pelindung Kepala.

Banyak yang bisa bisa di gunakan sebagai pelindung kepala di antaranya adalah topi dengan berbagai jenisnya, seperti topi dnegan brim di depan atau lebih di kenal dengan sebuta topi baseball, ada beberapa prudusen yang memodivikasi dengan memberi penutup tengkuk jug telinga. Ada juga topi dengan jenis brim bulat atau di sebut topi rimba. Fungsi topi di antaranya sebaga Anti UV atau saat hujan jujga berfungsi sebagai penahan agar air vtidak rembes ke kepala. Sebaikanya dengan bahan yang water proof. Selain topi juga bisa pakai kupluk atau buff. sebagi opsi penutu telinga.

7.Jas hujan atau Ponco.

Fungsi dasar jas hujan agar ketika terjadi hujan kita tidak basah kuyup, akan tetapi ada fungsi tambahan seperti jaket yang wine proof. Ketika terjadi terpaan angin tidak langsung menembus ke badan.

8.Senter atau Headlamp.

Sumber penerangan di gunung memang berasal dari peralatan yang kita bawa, karena aktifitas di gunung seringnya sampai 2 hari 1 malam tentu membutuhkan alat untuk membantu penerangan. Meskipun HP sudah di lengkapi dengan fitur senter akan tetapi lebih rekomend menggunakan headlamp selain secara fungsi kita dapat saat menggunakanya juga lebih enak karena cahaya sudah automatis mengikuti gerakan kepala kita.

9.Slepping Bag.

Tidur sebagai sarana untuk kita beristirahat selain jaket dan lainnya saat tidur juga membutuhkan Sleping Bag atau kantong tidur. yang berfungsi sebagai pengganti selimut.

10.Matras.

Meski secara umum tenda sudah ada alasannya akan tetapi dinginnya masih tembus jadi masih harus di tambah matras sebagai alas.

11.Tracking Pole.

Sebagian cara pendakian gunung adalah dengan membagi beban antara kaki dan tangan. Dengan menggunakan tracking pole dapat membantu kaki sebagai pendorong saat menaiki gunung. juga sebagai penahan saat perjalanan turun gunung.

12.Jam Tangan.

Waktu adalah bagian dari navigasi jam tangan menjadi salah satu penandanya. perkembanga tekhnologi juga sudah bisa menambah fitur yang ada di jam tangan seperti pengukur jarak, penghitung langkah, indikator detak jantung dan lain lain. Yang dapat di manfaatkan sebagai informasi tambahan.

13.Tas.

Tas atau carrier bag sangat di butuhkan sebagai sarana untuk menyimpan dan membawa peralatan maupun logistik. Besar dan kecilnya tentunya berdasarkan kebutuhan. Rata rata pendaki menggunakan yang ukuran sekitar 40 L.

14.Alat Makan.

Makan adalah salah satu sarana untuk menambah energi. Selain logistik sebagai menu makananya juga di butuhkan perlatan makan seperti sendk dan garpu, piring, mangkok dan lainya tergantung menu makananya.

Peralatan Tim

15.Tenda.

Tenda adalah peralatan pendakian yang bisa di gunakan secara berbagi. Tergantung kapasitasnya. Meskipun seiring perkembangan waktu ada juga tenda dengan kapasitas 1 orang. Secara fungsi tenda di gunakan untuk tempat istirahat, tempat manyimpan barang dan logistik.

16.Flyshet

Untuk menambah layer pada tenda sehingga saat hujan turun tidak takut rembes atau jika butuh atap tambahan maka Flyshet mengambil peran di situ. banyak ukuran yang tersedia mulai dari 2x3m, 4x3m, bahkan yang lebih besar tergantung pada kebutuhan saja. Tetapi yang paling sering digunakan pendaki itu yang ukuran 3x4m.

17.Alat Masak.

Untuk memasak di gunung kebutuhan alatnya  sama seperti alat masak yang terdapat di dapur rumah yaitu kompor gas  dll akan tetapi yang di bawa ke gunung bentuk kecil karena untuk efisiensi tempat untuk membawanya. jika di dapr rumah kita sering mendapi wajan atau panci maka alat yang di bawa ke gunung di sebut Nesting.

18.Meja Kursi.

Meja dan kursi bukan termasuk peralatan dasar yang wajib di bawa karena keberadaannya memang untuk menambah kenyamanan saja. Berjalanya waktu meja dan kursi menjadi kebutuhan tambahan agar menjadi nilai tambah saat menikmati waktu di Gunung Sindoro. Juga menjadi properti tambahan pengambilan dokumentasi.

19.Tenda Toilet.

Buang hajat baik hajat besar ataupun kecil adalah kebutuhan setiap orang selain bisa memanfaatkan tempat yang tersembunyi, buang hajat di gunung juga bisa menggunakan tenda toilet, yatu tenda dengan ukuran luas 1x4M dengan tinggi 2m. Pasangan peralatan untuk tenda toilet ini adalah sekop kecil sebagai pembuat lubang di tengah tengah tenda tersebut, Juga sebagai penimbun setelah lubang tersebut tidak di gunakan.

20.HT.

Sinyal selular sering tidak di temukan saat berada di gunung. Sebagai opsi alat komunikasi bisa menggunakan HT. apalagi jika pendakian dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Adanya HT sangat membantu untuk terus berkomunikasi antar pendaki.

Itu tadi ulasan kami tentang alat alat yang di butuhkan saat pendakian. Peralatan atau perlengkapan tersebut ada yang bersifat primer dan sekunder bahkan tersier. 

Banyak metode untuk melengkapinya di antara dengan memiliki sendiri atau pinjam teman atau bisa merentalnya.

Rental alat Outdoor Gunung Sindoro.

Kami menyediakan Rental untuk solusi Anda yang belum memiliki atau masih kurang peralatannya. 

Hampir semua peralatan dasar dengan berbagai merek kami sediakan. Berikut 

Kriteria Peralatan Rental.

Bersih.

Proses perawatan peralatan kami setelah di gunakan di antaranya dengan membersihkanya, mengeringkannya dan memackingnya kembali. Setelah itu baru di pakai kembali.

Berfungsi Baik.

Fungsi adalah hal yang di inginkan dari peralatan apapun, termasuk peralatan pendakian. Karena manfaat maksimal akan di dapatkan jika fungsi alat bisa bisa maksimal. Dengan pengecekan rutin setelah pemakaian.

Harga Rental.

NO NAMA BARANG HARGA
1 TENDA 4P DOUBLE LAYER Rp.70.000
2 MATRAS Rp.15.000
3 SLEPPING BAG Rp.20.000
4 FLYSHEET Rp.20.000
5 KOMPOR Rp.15.000
6 NESTING Rp.20.000
7 MEJA Rp.20.000
8 KURSI Rp.20.000
9 HEADLAMP Rp.20.000
10 TRAKCING POOL Rp.20.000
11 CARRIER BAG Rp.40.000

Harga tersebut terhitung untuk durasi waktu maksimal 2 Hari 1 Malam.

Ketentuan Rental dan Cara Boking.

Ada beberahal yang harus di perhatikan dalam rental alat alat perndakian di antaranya :

Pastikan alat alat yang di butuhkan agar tidak ada kekurangan peralatan saat pendakian.

Sesuaikan jumlah pendaki dengan peralatanya.

Menyeertakan bukti identitas berupa KTP/ SIM asli sebagai jaminan. (kami tidak menerima identitas selain KTP dan SIM) 

Turut serta menjaga peralatan yang di rental.

Jika terjadi kerusakan bersedia menggenti dengan nilai kerusakan yang di timbulkan

Bersedia mematuhi ketentuan rental.

Cara Boking.

Rental kami bisa di boking sebelum hari pendakian dengan menyertakan list alat yang akan di sewa dan foto identitas. bisa juga langsung pada hari pendakian di outlet kami di sekitar basecamp pendakian Gunung Sindoro jika perlatan kami masih avaliable.

Demikikan penelasan singkat tentang peralatan yang di butuhkan saat pendakian Gunung sindoro, serta informasi rentalnya.

Senjutnya silahkan hubungi Admin kami :


Nur Rohmat




0 Komentar