Pohon Lamtoro

 

  Pohon Lamtoro

Pohon Lamtoro banyak tumbuh di Gunung Sindoro dari semua jalur pendakianya seperti Kledung, Alang Alang Sewu, Sigedang, Ndoro Arum, Bedakah,  Sikatok.

 Habitat dan Manfaat Pohon Lamtoro

Di Gunung Sindoro dengan puncak tertingginya 3153 MDPL banyak sekali kita jumpai pohon Lamtoro dari semua basecamp yang menjadi jalur pendakian Gunung Sindoro baik itu dari Kledung, Alang Alang Sewu, Bedakah, Ndoro Arum, Sigedang dan Basecamp lainya di jalur pendakianya pasti kita akan mendapati pohon Lamtoro. Terlebih di jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, bahkan ada kawasan yang secara khusus di beri nama Lamtoro, seperti kawasan Lamtoro 1 dan Lamtoro 2. Selain di Gunung Sindoro Lamtoro juga akan banyak kita jumpai di gunung gunung lain di Jawa Tengah seperti Gunung Sumbing dengan ketinggian 3371 MDPL.

    Nama latin dari Lamtoro adalah Leucaena leucocephala, selain Lamtoro banyak juga sebutan lokal untuk pohon yang satu ini.  Seperti Mlendingan, Kemlandingan, Petai Cina dll. Karena terkadang setiap wilayah punya kearifan lokal masing-masing termasuk di dalam pemberian nama pohon dan rerumputan.

    Pohon Lamtoro ada yang hidup secara liar seperti di gunung gunung di antaranya,Sumbing, Sindoro, Merbabu. Lamtoro gunung rata rata tumbuh di ketinggian 1500 - 3000 MDPL. 

   Selain itu pohon Lamtoro juga banyak di budidayakan karena ada beberapa manfaat dari pohon Lamtoro tersebut, mulai dari akar pohon, daun bahkan dalam musim tertentu bisa berbuah juga.

Manfaat pohon Lamtoro 

Pohon Lamtoro banyak tumbuh di Gunung Sindoro dari semua jalur pendakianya seperti Kledung, Alang Alang Sewu, Sigedang, Ndoro Arum, Bedakah,  Sikatok.


Sumber Energi dan Konstruksi

     Orang orang di desa memanfaatkan pohon Lamtoro sebagai sumber energi berupa kayu bakar, selain itu ketika di buat tiang saung sederhana juga sangat awet, bahkan sampai 7 atau 10 tahun tiyang saung yang di buat dari pohon lamtoro masih berdiri menopang atapnya.

Pakan Ternak

      Daun Lamtoro di gunakan sebagai pakan ternak seperti Sapi dan kambing karena ternak  yang di beri pakan daun lamtoro dagingnya lebih berasa enak lembut dan segar. Proses penggemukan ternak juga lebih maksimal ketika di beri pakan daun Lamtoro.

Kesehatan

   Selain itu daun pohon Lamtoro juga bermanfaat untuk kesehatan, di antara manfaat daun lamtoro antara lain

  • Pereda nyeri otot.
  • Pelembut kulit.
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Memperbaiki saluran pencernaan

    Sebagai tanaman atau tumbuhan polong polongan Lamtoro di musim musim tertentu mempunyai buah yang biasa di sebut sebagai petai cina atau petai mini. Konsumsi Petai Cina ini juga bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya :

  • Membasmi cacing.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mengurangi penyakit kulit.
  • Menguatkan tulang.
  • Menjaga kesehatan mata.

Pertanian

Pohon Lamtoro banyak tumbuh di Gunung Sindoro dari semua jalur pendakianya seperti Kledung, Alang Alang Sewu, Sigedang, Ndoro Arum, Bedakah,  Sikatok.


       Di lahan pertanian Lamtoro juga bermanfaat sebagai rambatan hidup dari komoditas tanaman yang melilit seperti Markisa, kapri, Vanila, Gadung dan lainya dengan sistem penanaman Tumpang Sari (Wanatani). yaitu sistem tanam dengan berbagai komuditas di satu lahan secara bersamaan.

        Lamtoro sangat tepat di jadikan tanaman pelindung bagi petani.khususnya untuk tanaman kopi dan jenis tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, dan lainnya. Untuk mengamankan tanaman pertanian tersebut dari berbagai hambatan seperti cuaca buruk berupa angin sebagai tameng atau cuaca panas yang ekstrim Lamtoro berfungsi sebagai peneduh, juga dapat mengurangi resiko serangan hama.

Lingkungan

 Pohon Lamtoro juga sangat bermanfaat bagi lingkungan seperti mengurangi pengikisan tanah atau erosi karena akarnya yang mengikat tanah. Selain bisa juga buat tempat berteduh di alam liar yang jauh dari pemukiman.

  Di tanah yang  subur, Lamtoro dapat tumbuh dengan cepat dengan ukuran mencapai 13-18 meter dalam waktu tiga sampai lima tahun.

0 Komentar