Profesi Porter

 Profesi Porter

Porter Gunung adalah Orang yang membantu Pendaki untuk membawakan Kebutuhan Pendakian ke lokasi yang di tentukan.
 pada awalnya Porter Gunung merupakan Pekerjaan Sambilan  yanng hanya kebetulan ketika ada pendaki yang butuh lalu mencari tenaga Porter ada sebagian orang yang mau mencobanya.
namun untuk saat ini sebagian orang telah menjadikan Profesi Porter Gunung dengan serius dan suebagai Sumber mata pencaharian dan sumber hiburan.
Porter saat ini adalah Pekerja Profesional yang menuntut keahlian husus di bidangnya.

Latar belakang Profesi Porter

 ada beberapa Hal yanng menjadi Latarbelakang  Seseorang menekuni Profesi sebagai Porter antara lain
  • Hobi
  • dekat dengan BAsecamp
  • diajak Orang
 sebagian dari Porter menekuni Pekerjaan Porter Karene dulunya Hobi mendaki, seiring ramainya pendakian dan Pengalaman yang ada membuat Porter yang awalnya Hobi menjadi Orang yang Asik diajak Naik gunung.dengan Menjadikan Hobi Sebagai Pekerjaan  membuat kerja menjadi Porter Makin Asik.
Selai yang Awalnya Hobi  Warga lokal adalah Kebanyakan yang berprofesi sebagai Porter, Selain Rumahnya dekat dengan Basecamp warga lokal adalah Orang yang terlatih naik turun Gunung karena sebelum menjadi Porter warga Lokal awalnya adalah Petani.karena itu untuk urusan membawa barang  dari basecamp ke tempat camping itu sudah menjadi kebiasaan.
selain dari dua macam t=Jenis Porter tersebut maka masih ada jenis Porter lain yaitu Jenis Porter yang di ajak orang, tapi jenis ini jarang terjadi biasanya jenis ini hanya ada ketika musim pendakian sangat ramai  semisal libur panjang di musim kemarau.
meskipun jadi Porter hanya karena diajak biasanya yang ngajak sudah memberi instruksi apa yang harus dilakukan jadi tetap bekerja selayaknya porter yang berpengalaman.

Produk Porter

Porter selain membawakan baranng Juga Punya Produk layanan lain Untuk memudahkan Pendakian antara lain
  • Guide
  • Rental Alat Camping
  • Open Trip
  • Privat trip

Guide

guide adalah orang yang mendampingi dari mulai naik sampai dengan turun dengan pengalaman dan keahlianya Guide sangatlah cocok untuk pendamping pendakian.

Rental Alat Camping

mengunakan Jasa Porter Bisa juga meminta Porter untuk membantu rental alat Pendakian karena Pekerjaan Porter sangat erat Hubunganya dengan Rental Alat Pendakian

Open trip

Sebagian Porter Juga membuka Usaha Open trip meskipun tidak semuanya Porter mau membuka Jasa Open ttrip

Privat Trip

sebagian Porter Membuka Privat trip Mulai dari Privat Trip yang sederhana Sampai Yang Mewah. mulai dari harga murah sedang sampai mahal.
Biasanya Porter memberikan harga yang sangat bersaing untuk privat trip Karena Porter biasanya rumahnya dekat basecamp jadi tidak perlu ada tambahan biaya transport yang perlu dibebankan pada harga Privat trip

Area Layanan

Porter memiliki  area layanan tersendiri ada yang membuka layanan hanya di sastu gunung  ada yang membuka Layanan di Gunung Jawa tengah ada pula yang membuka layanan Seluruh Indonesia  berikut beberapa Website Porter yang Membuka Jsa di Seluruh JAwa Tengah
Porter tersebut menghususkan sebuah gunung untuk promosi namun bisa melayani gunung di jawa tengah untukk pelayanan Karena biasanya Klien Porter Sekali sudah nyaman dengan pelayanan di sebuah gunung Akan meminta diantar ke Gunung lain.
Alasan Porter tidak melayani gunung yang Jauh adalah biayaya yang lebih mahal dan waktu perjalanan yang lama.
ringkasnya Porter adalah sebuah Profesi yang mengharuskan memiliki keahlian husus sesuai bidangnya


0 Komentar