Bawang Prei Desa Nampan Suko Makmur Nepal Van java

Bawang Prei nama yang di pakai oleh Masarakat Kota namun di daerah Petani memiliki beberapa nama yang mirip seperti Luncang, Loncang, Oncang bahkan ada yang menamainya Selong Tanaman ini memang has tanaman dataran tinggi
Bawang Prei nama yang di pakai oleh Masarakat Kota namun di daerah Petani memiliki beberapa nama yang mirip seperti Luncang, Loncang, Oncang bahkan ada yang menamainya Selong Tanaman ini memang has tanaman dataran tinggi dan banyak di Jumpai sekitar Kaki gunung baik itu Gunung Prau, Gunung Sindoro <Gunung Sumbing ataupun Gunung gunung lainya,
Tanaman ini Akan tumbuh optimal mulai Ketinggian 1200 mdpl sampai 2350 mdpl.
 Diseputaran Basecamp Gunung Sumbing Via Kaliangkrik merupakan Sentra Budidaya Bawang Prei  mulai dari nepal Van Java ,Nampan Suko Makmur dan sekitarnya Tanaman ini sangat Cocok dengan lokasi tersebut.
Selain itu umur tanaman yang pendek serta kemudahan Perawatan membuat daerah nepal Van Java 80% ditanami bawang Prei.
 Tanaman ini menjadi sumber ekonomi masarakat sebidang Tanah milikmasarakat sekitar Nepal Van java bisa menghasiklkan 500 kg sampai dengan beberapa ton bawang Prei tergantung luas lahanya.
 Penanaman bawang Prei membutuhkan antara lain
  • Bibit
  • lahan
  • Pupuk
  • Insektisida
dengan rincian sebagai berikut

Bibit

Bibit Bawang Pre bisa di dapat dengan dua cara yaitu pembibitan model generatif dan pembibitan model vegetatif
 Pembibitan Model generati adalah yang dari Bunga. bunga bawang Prei ini memiliki biji/benih yang sangat lembut bila di semai akan menjadi bibit bawang prei.
menyemai benih bawang prei sampai menjadi Bibit membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan biasanya Petani ketika manggunakn bibit generatif akan mulai menyemai benih untuk periode berikutnya sepuluh hari setelah Tanam.
 Model Pambibitan Berikutnya adalah type Vegetatif
dan para Petani bawang Prei kbanyakan menggunakan Type ini karena Jauh lebih mudah dan lebih Kuat.
dengan Pembibitan Vegetatif ini biasanya petani menyisakan 10% luas lahan yang tidak di panen Sehingga sisa bawnag pre tersebut bisa di jadikan bibit untuk musim tanam berikutnya.
kebutuhan selanjutnya adalah 

Lahan
  menaman Bawang Prei mambutuhkan lahan yang Cocok untuk Tanaman tersebut  lahan yangn cocok itu si kwtinggian Antara 1200 sampai dengan 2350 mdpl.
apakah Bawang Pre tidak bisa di tanam di lokasi yanng ketinggianya di bawah 1200 mdpl? sangat bisa namun hasilnya kurang memuaskan tidak seperti menanam di lokasi yang memang potensial untuk tanaman tersebut. 
  adapun jumlah tanam rata rata kurang lebih 104.000 tanaman per hektar biasanya mengnhasilkan antara 500 gram sampai dengan 1 kg per tanaman jadi potensi hasil per hektar antara 50 sampai 100 ton.

Pupuk

Setelah Lahan berikutnya adalah pupuk biasanyan tanaman ini menggunakan Pupuk kandang yang cukup banyak Natara 30 sampai 60 ton perhektar.
selain Pupuk kandang juga masih di tambah sedikit Pupuk kimia terkadangn masarakat juga menggunakan berbagai racikan husus untuk memacu bakteri yang menguntungkan sepertio Lactobacilus atau jenis bakteri lain yang membuat tanaman semakin subur.

Obat Obatan Sayuran
Sayuran juga memerlukan perwatan dari Hama dan Penyakit selain itu juga memerlukan pemacu tumbuh agr pertumbuhan menjadi lebih cepat.
biasanya Petani menggunakan Auxin atau asama Gibrelin untuk memacu pertumbuhan bawang prei
selain itu untuk mengurangi Gulma yang tumbuh Petani juga menggunakan Mulsa sehingga sangat nebgurangi jumlah tenaga perawatan.

demikian sekilas tentang tanaman Bawang Prei yang banyak terdapat di Nepel Vanjava dan Nampan Sukomakmur.
untuk lebih mengenalnya bisa bertanya pada petaninya langsung.
selain lahan pertanian yang subur bdaya perkampungan sekitar Nepal van Java juga sangat cocok untuk di kenali
maka Nepal Van Java sangat cocok untuk Wisata Live in
  demikian sedikit informasi tentang Pertanian Desa Suko makmur dan sekitarnya Untuk informasi lebih lanjut silakan Hubungi CS akami9.



 

0 Komentar