Gunung Sindoro Via Alang Sewu

 

Gunung Sindoro Via Alang Sewu

Gununng Sindoro Via ALang Sewu adalah Jalur Sisi timur Gunung Sindor lebih tepantya Jalur yang bersebelahan dengan Jalur kledung
Basecamp Alang Sewu.
                       
       Alang-alang Sewu adalah nama Basecamp yang berada di Dusun Anggrung Gondok desa Reco kecamatan Kretek Kabupaten Wonosobo.
Warga menamakan jalur ini dengan nama Alang Sewu karena dulunya di jalur ini tepatnya di pos 2 dan camping area dipenuhi dengan rumput Ilalang. Alang-alang adalah nama rumput Ilalang  dalam bahasa Jawa .
       Fasilitas di Basecamp Alang Sewu sudah  seperti Basecamp-Basecamp lainya antara lain tempat parkir, warung makan, kamar mandi, Mushola serta tempat istirahat. selain itu ada beberapa  Fasilitas pendukung untuk mempermudah pendakian seperti ojek, porter, guide, serta rental alat pendakian.
sebelum mendaki wajib mengisi formulir Pendakian dan cek barang bawaan serta meninggalkan 1 buah identitas  untuk 1 rombongan.
biaya pendaftaran per orang 25.000 rupiah.
di loket regis trasi juga bisa sekalian membeli tiket ojek jika ingin naik ojek.
harga tiket ojek adalah 25.000 per Orang
dengan Menggunakan Ojek Pendaki Bisa menghemat  waktu perjalanan antara  satu setengah sampai dua jam.
dengan demikian juga sangat menghemat tenaga


 
Gerbang Gunung

Ojek Gunung Sindoro mulai dari Basecamp sampai dengan perbatasan antara kawasan perhutani dan lahan Pertanian .demikian pula saat turun
setelah melewati gerbang Kita di sambut hamparan Rumput odod (Pennisetum Purpureum) Rumput tersebut di tanam oleh para petani lokal di Dusun Anggrung Gondok yang di manfaatkan untuk pakan ternak. Daun rumput odod sendiri mirip dengan daun rumput Gajah akan trtapi untuk bentuknya lebih kecil, sehingga di sebut rumput Gajah versi Mini. dengan teksturnya yang lebih halus dan banyak kandungan gizi tentunya sangat baik untuk menopang tumbuh kembang ternak. Pola penanaman rumput tersebut dalam bentuk kerjasama antara LMDH setempat dengan Perhutani.
 Berjalan sekiktar 10 menit kita akan mendapati patok wiwitan atau patok permulaan dari serangkaian patok yang ada di track alang sewu ini



Pos Satu Alang Sewu
                               



Gununng Sindoro Via ALang Sewu adalah Jalur Sisi timur Gunung Sindor lebih tepantya Jalur yang bersebelahan dengan Jalur kledung
Pos Du Alang Sewu
                                
Kondisi Pos dua sangat Nyaman Untuk beristirahat dengan kondisi tanah datar dan luas Serta dua buah Gazebo untuk istirahat sangat cocok untuk melepas lelah  baik saaat naik ataupun setelah turun.
kondisi jalan menuju Pos 2 masih nanjak landai jadi tidak begitu menguras tenaga.
untuk sekedar informasi jarak antar patok ke patok semakin keatas semakin Pendek. Patok 10 berda di Pos 2 namun untuk di pos tiga ada di patok 15 lebih dikit.
antara poas 2 ke Pos 3 hanya ada 5 Patok dan mayoritas jalan antara pos 2 poa tiga landai  hanya patok 13 sampai lima belas yang agak Terjal,
setelah sampai patpok 15 kurang lebih jalan 10 menit kita sampai di Pos 3
  Pos Tiga adalah tempat Mendirikan tenda dan beristirahat

tip dan Trik Mendirikan Tenda

Pos Tiga Alang Sewu

                   
untuk mendirikan tenda di Pos Tiga alang Sewu ada beberapa hal yang Harus di perhatikan antara lain
  • Tempat
  • Pasak
  • Sampah
  • Istirahat
1.Tempat
Usahakan memilih Tempat yang datar dan kalau masih kebagian Usahakan yang bagian banyak Pohonya, dengan memilih tempat di bagian yang banyak pohon memiliki beberapa keuntungan antal lainAman dari Angin,lebih hangat,tidak panas di siang hari.
Jika menggunakan Jasa Porter Gunung Sindoro Via Alang Sewu Biasanya Porter akan memilihkan tempat itu.
 2.Pasak
ada beberapa lokasi yang tanahnya sangat keras dan pasak tidak bisa masuk, untuk solusi mudahnya adalah menggantikan Pasak dengan batu.
ikat ujung tenda yang harusnya di pasak ke batu batu yang di susun sesuai dengan kondisi lapangan maka biarpun tidak di pasak akan tetap aman.
3. Sampah



yang harus di perhatikna lagi adalah Sampah jangan menariuh sampah di depan atau samping Tenda karena sempah di bawah biasanya mengundang Babi untu mengais sisa Makanan.
jadi sebetulnya Babi datang untuk sisa sisa makanan.

4.Istirahat
setelah makan minum dan persiapan lain seelesai Pendaki Juga perlu memperhatikan Istirahat.
kenapa harus memprioritaskan Istirahat  karena Besok paginya masih harus menempuh perjalanan cukup lama dan di mulai pagi hari.
Istirahat ideal di Gunung Sindoro adalah Jam 22:00 tidak terlalu cepet dan tidak terlalu malam.
paginya harus bangun jam 2:30 untuk persiapan Summit Atack
 Jam 2:30 saatnya bangun masak. setelah kan bersiap untuk summit.
Jam 3:00 saatnya beranngkat Summit dimulai dari Pos 3jalur yang di mulai dengan melewati hutan lamtoro lebih tepatnya Hutan Petai gunung(bahasa lokal menyebutnya Mlandingan/Albizzia lophanta)

 di bulan Mei Sampai Juni Petai gunung ini berbuah lebat sekali namun setelah bulan Agustus Petai gunung ini kebanyakan sudah keras dan siap untuk mnjadi benih .
biasanya di bulan September Akan di sebarkan oleh angin untuk memperluas lokasi tumbuh
dari pos 3 menuju Pos 4 biasanya di tempuh dalam satu jam
Pos 4 ini masih kondisi rimbun   tiga puluh menit dari Pos 4 kondisi mulai terbuka melewatai Padang rumput dan Jalanan mulai terjal namun mudah.

                   
Jalanan tanah yang terbuka dan pemandangan luas  kita bisa melihat megahnya gunung Sumbing dan gemrlap lampu kota  di bawah.
stelah menghabiskan jalanan rumput sampai pada jalanan Berbatu menjelang puncak.
Jalur Alang sewu dan Kledung bertemu menjelang puncak Jalur  Kledung Pas naik sisi kanan Jalur Alang Sewu sisi kiri
                       Gununng Sindoro Via ALang Sewu adalah Jalur Sisi timur Gunung Sindor lebih tepantya Jalur yang bersebelahan dengan Jalur kledung
Sesampai Puncak  bila tenaga Masih  Fit bisa ber keliling di Puncak atau cukup menikmati Pemandangan dari sekitar plang puncak.
utuk mermutari Puncak Sindoro memerlukan Waktu sekitar 1 jam
Namun harus di Upayakan Maksimal Jam 10 harus mulai turun dari PuncakKarena semakin siang Bau belerang semakin Menyengatdan membuat nafas sesak
 Untuk Mulai turun idealnya Jam 8 30 sudah mulai turun dari puncak maksimal jam 10:30 sampai di Pos tiga Karena masih harus makan dan Packing lagi.
Stelah Sampai pos 3 makan dan Packing untuk mulai turun idealnya turun dari Pos 3 adalah Jam 12 sampai 13:00 agar sampai bawah tidak kesorean.
Jam 15:00 sebaiknya sudah sampai di basecamp agar kegiatan selanjutnya tidak terlalu mepet waktunya.
Demikian Informasi gunung Sindoro via Alang Sewu untuk informasi Jasa porter Atau Privat trip bisa  Klik Link dibawah ini


 untuk Informasi lebih lengkap Silakan Hubungi Customer Service Kami
 

Nurrohmat

0 Komentar